13 November 2021

PENGGUNAAN FITUR HYPERLINK

 

      Fitur Hyperlink ini terdapat di MS. Word dan MS. Excel dengan kegunaan dan fungsi yang sama. Hyperlink digunakan untuk mencari/ mengakses dokumen, file ataupun webpage secara cepat.

          Sering kali kita lupa saat mencari sebuah dokumen, seperti: apa nama dokumenya, dokumen tersebut terletak di file mana, nama filenya apa dll. Dengan adanya Hyperlink ini, kita tidak perlu repot untuk mencari dokumen/ file tersebut secara manual. Cukup klik Hyperlinknya, maka akan menemukan secara otomatis.

          Fitur Hyperlink ini terdapat di ribbon Insert >> Hyperlink.




 

Muncul menu Insert >> Hyperlink seperti gambar dibawah ini:


Penjelasan dari gambar diatas:

  1.      Exiting File or Web Page: Hyperlink akan menuju ke suatu nama file atau alamat website
  2.      Text to display : Teks yang ingin ditampilkan pada hyperlink (nama hyperlink)
  3.      Look in            : Nama folder utama yang ingin dituju oleh hyperlink
  4.      Current Folder: Nama-nama file/ subfolder yang terdapat di dalam folder utama Look in
  5.      Address           : Alamat dari file yang dituju hyperlink

Fitur Hyperlink ini sering kali kita jumpai saat kita berselancar di dunia maya. Tujuan utamanya untuk mempermudah kita dalam mengakses suatu dokumen ataupun sebuah website secara cepat.

          Jika Anda mengklik hyperlink diatas, maka Anda akan dibawa ke sebuah website yang bernama: mujiyamianto.blogspot.com

Contoh Hyperlink

 

Untuk mempermudah pemahaman Anda, Video tutorial dari penggunaan fitur Hyperlink ini bisa Anda lihat di kanal Youtube kami. Klik Video dibawah ini:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 CARA UNTUK MEMINDAHKAN TEKS ATAU DOKUMEN ( CUT - PASTE ) DI MS.WORD

       Fitur Cut – Paste di Ms.word digunakan untuk memindahkan teks atau dokumen. Ada 3 cara dalam menggunakan fitur cut – paste ini, yai...